Desain Grafis - PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL (kelas X)
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
1. Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur tata letak dalam desain grafis yang tepat
yaitu ...
A. Garis, ilustrasi, kesatuan, warna, gelap terang, tekstur, ruang
B. Garis, ilustrasi, tipografi, irama, gelap terang, tekstur, ruang
C. Garis, ritme, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, ruang
D. Garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap terang, tekstur, ruang
E. Garis, ilustrasi, tipografi, warna, keseimbangan, tekstur, ruang
2. Sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memiliki dua buah ujung adalah pengertian dari ...
A. bentuk
B. garis
C. warna
D. tekstur
E. ruang atau space
3. Suatu bidang yang memiliki tinggi dan lebar, terjadi karena dibatasi oleh sebuah kontur (garis) dan atau dibatasi oleh adanya warna yang berbeda atau oleh gelap terang pada arsiran atau karena adanya tekstur adalah pengertian dari ...
A. bentuk
B. garis
C. warna
D. tekstur
E. ruang atau space
4. Unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan (material), yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, baik dalam bentuk nyata ataupun semu adalah pengertian dari ...
A. bentuk
B. garis
C. warna
D. tekstur
E. ruang atau space
5. Kesan stabilitas, kekuatan, dan kemegahan yang menggerakkan mata ke atas, tinggi, gagah, adalah kesan dari garis...
A. kurva (garis melengkung)
B. diagonal (garis miring)
C. kurvadiagonal
D. horizontal (garis lurus)
E. vertikal (garis tegak lurus)
6. Kesan sugesti kesenangan atau sesuatu yang bergerak, adalah kesan dari garis...
A. kurva (garis melengkung)
B. diagonal (garis miring)
C. kurvadiagonal
D. horizontal (garis lurus)
E. vertikal (garis tegak lurus)
7. Berikut ini disajikan karya nirmana dwimatara:
Gambar di atas merupakan penciptaan volume pada nirmana dwimatra dengan bidang. Volume tersebut bersifat
A. gempal nyata
B. gempal maya
C. gempal kubistis
D. gempal variasi
E. gempal silindris
8. Di bawah ini yang termasuk unsur koseptual nirmana adalah ...
A. gempal
B. warna
C. tekstur
D. proporsi
E. oposisi
9. Gambar berikut yang termasuk susunan repetisi yaitu ...
A.
B.
C.
D.
E.
10. Berikut ini yang bukan prinsip-prinsip dari sebuah desain grafis adalah ...
A. ritme
B. keseimbangan
C. gempal
D. irama
E. kesatuan
11. Usaha untuk mendapatkan keseimbangan bentuk dalam mengorganisasikan unsur- unsur terpenting dalam penciptaan karya seni dan atau media komunikasi grafis yang harmonis, komunikatif, dan persuasif adalah pengertian dari ...
A. komposisi
B. prototipe
C. keseimbangan
D. line casting
E. proporsi
12. Perbandingan ukuran yang digunakan untuk menentukan perbandingan yang tepat antara panjang dan lebar antara gambar dengan bidang gambar disebut
A. proporsi
B. irama
C. pusat perhatian
D. keseimbangan
E. kesatuan
13. Arti kata Typos dan Graphein adalah ...
A. bentuk dan garis
B. bentuk dan melukis
C. garis dan menulis
D. kata dan bentuk
E. bentuk dan menulis
14. Bagian tipografi yang berperan sebagai pembuka yang akan mengarahkan pembaca untuk untuk lebih jauh mengetahui informasi atau isi pesan yang ada didalamnya disebut.
A. headline
B. subheadline
C. bodycopy
D. Logotype
E. banner
15. Readability dalam typography dipengaruhi oleh faktor berikut ini, kecuali
A. pengaturan
B. jenis huruf
C. kontras warna
D. ukuran
E. suasana hati sang kreator
16. Tahun 1886 Ottmarr Mergenthaler, dari Jerman menemukan mesin typecasting yang cara kerjanya adalah dengan cara memasangkan sejumlah huruf baris yang disusun perbaris (linecasting) simbol-simbol unik. Mesin disebut...
A. lynotype
B. prototipe
C. linecasting
D. plate
E. ikarus
17. Bentuk huruf yang memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketitipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminine, adalah pengertian dari ...
A. roman/serif
B. sans serif
C. script
D. monospace
E. dekoratif/ miscellaneous
18. Berhubungan dengan kemudahan mengenali, membedakan masing-masing huruf/ karakter, dan menyangkut desain/bentuk huruf yang digunakan, huruf/karakter- karakternya harus mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain. Penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungan dengan huruf yang lain sehingga terlihat jelas merupakan prinsip ...
A. legability
B. readbility
C. visibility
D. clarity
E. oposisi
19. Di bawah ini merupakan penerapan tipografi menggunakan jenis huruf...
A. serif
B. sans serif
C. script
D. egyption
E. miscellaneous
20. Sebuah sket rancangan awal untuk menggambarkan organisasi unsur-unsur komunikasi grafis yang disertakan adalah ...
A. sket
B. sintaksis
C. prototipe
D. layout
E. focal point
21. Sebelum menggambar, sebaiknya membuat gambar rancangan terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam menggambar. Gambar rancangan menggunakan beberapa garis saja untuk menampilkan citra suatu sketsa yang sudah selesai. Gambar rancangan ini salah satu jenis gambar sketsa yang berupa ...
A. sketsa cepat
B. sketsa garis besar
C. sketsa kasar
D. sketsa citra
E. sketsa halus
22. Unsur tata letak dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu maksud atau pesan di sebut...
A. garis
B. gambar ilustrasi
C. warna
D. tekstur
E. gelap terang
23. Berikut ini merupakan gambar ilustrasi menggunakan bentuk ...
A. kartun
B. karikatur
C. animasi
D. gambar realis
E. foto
24. Berikut merupakan gambar ilustrasi yang dibuat secara manual yaitu menggunakan teknik ...
A. teknik scraperboard
B. teknik goresan kering
C. teknik blok
D. teknik siluet
E. teknik half tone
25. Berikut merupakan gambar ilustrasi yang dibuat secara manual yaitu menggunakan teknik:
A. teknik scraperboard
B. teknik arsir
C. teknik blok
D. teknik dot
E. teknik half tone
26. Untuk menggambarkan warna psikologis peran, musik sangatlah besar manfaatnya. Peran yang sedih, kacau, terkejut gembira, semua dapat diberikan tekanan dengan musik yang sesuai. Dalam hal ini fungsi tata musik sebagai...
A. memperindah
B. memberikan latar belakang.
C. memberikan warna psikologis
D. memberi tekanan pada keadaan yang mendesak.
E. memberikan selingan.
27. Gambar di bawah ini merupakan contoh benda berbentuk
A. kubistis
B. silindris
C. bebas
D. beraturan
E. rumit
28. Gambar berikut merupakan cara menggambar menggunakan teknik...
A. linear
B. blok
C. pointilis
D. dussel
E. aquarel
29. Cara menggambar dengan menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik-titikkan disebut teknik ...
A. blok
B. arsir
C. dussel
D. aquarel
E. pointilis
30. Disajikan gambar berdasarkan sudut pandang. Gambar berikut termasuk menggunakan sudut pandang...
A. perspektif mata burung
B. perspektif mata manusia
C. perspektif mata cacing
D. Picture plane
E. perspektif mata kuda
31. Perspektif yang dipakai untuk menggambarkan objek dengan menggunakan dua titik hilang yang terletak berjauhan di sebelah kanan dan kiri pada garis cakrawala. Pespektif ini untuk menggambar perspektif objek yang memiliki kelompok garis horizontal yang tidak sejajar dengan bidang gambar, atau dengan kata lain kelompok garis horizontal tersebut selalu membentuk sudut dengan bidang gambar. Dalam gambar arsitektur perspektif ini biasanya dipergunakan untuk menggambarkan ruang luar (eksterior) maupun dalam ruangan (interior) suatu bangunan. Teknik ini yaitu teknik...
A. perspektif satu titik hilang
B. perspektif dua titik hilang
C. perspektif tiga titik hilang
D. garis ukur vertikal
E. titik ukur vertikal
32. Gambar perspektif dua titik hilang merupakan gambar perspektif yang paling mudah dan banyak digunakan, hal ini dikarenakan ... dapat digunakan untuk situasi baik interior maupun eksterior bangunan.
A. objek benda terlihat semakin besar
B. disesuaikan dengan bidang yang digunakan dalam menggambar
C. objek benda dapat telihat semakin kecil jika semakin jauh dari mata apapun
D. hasilnya cenderung tidak statis dan tidak simetris sehingga lebih wajar dilihat
E. titik yang dibuat tidak terlihat atau samar untuk patokan membuat garis bantu atau pembatas dari objek yang akan dibuat
33. Ketika mengamati objek model untuk menggambar bentuk, kita sebaiknya mengutamakan penangkapan bentuk secara keseluruhan. Karena secara keseluruhan lebih menjamin kemiripan gambar bentuk yang dibuat. Tetapi, jika mengamati hanya sebagian saja maka yang terjadi adalah...
A. bentuk yang digambar mirip dengan bentuk aslinya
B. tidak dapat membuat kesan menarik pada gambar yang dibuat.
C. gambar bentuk yang dibuat tidak mirip dengan bentuk aslinya secara keseluruhan.
D. membutuhkan waktu lama dalam membuat gambar bentuk.
E. akan kesulitan menggambar bentuk yang kita gambar karena hanya sebagian saja yang diamati
34. Kontras warna dan teks menjadi hal yang harus diperhatikan dalam menggabungkan gambar dan teks. Contoh kontras warna dan teks yang baik adalah ...
A. Jika gambar berwarna gelap
B. Jika gambar dan teks sama-sama berwarna gelap
C. Jika gambar dan teks sama-sama berwarna terang
D. Jika gambar berwarna biru muda maka teks berwarna biru muda
E. Jika gambar berwarna gelap maka pilih warna teks yang terang
35. Perbedaan gambar vektor dan bitmap yang benar adalah ...
A. Besar ukuran File gambar bitmap relatif lebih kecil dibanding gambar vector B. Teknik penyajian gambar pada gambar vektor adalah berdasarkan pixel sedangkan gambar bitmap berdasarkan persamaan matematis
C. Ketajaman gambar ketika diperbesar pada gambar vektor semakin diperbesar gambar akan terlihat kabur, sedangkan pada gambar bitmap tetap
D. Ukuran file pada gambar vektor tergantung besar gambar dan resolusi sedangkan pada gambar bitmap tidak dipengaruhi besarnya gambar
E. gambar vektor tidak mampu menampilkan secara detail warna dan gambar, sedangkan pada gambar bitmap mampu menampilkan gambar secara detail
36. Gambar vektor dapat diolah dalam format 2 dimensi maupun 3 dimensi. Aplikasi pengolah gambar vektor 2 dimensi antara lain ...
A. CorelDraw, Adobe Ilustrator, freehand, macromedia flash, Xara Extreme
B. Corel Draw, Adobe Ilustrator, freehand, macromedia flash, Ulead COOL 3D
C. CorelDraw, Adobe Ilustrator, freehand, macromedia flash, Adobe Photoshop
D. CorelDraw, Adobe Ilustrator, freehand, macromedia flash, Adobe Premiere
E. CorelDraw, Adobe Ilustrator, freehand, macromedia flash, Swift 3D
37. Banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat gambar vektor. Ada dua aplikasi yang cukup pupuler yaitu CorelDraw dan Adobe ilustrator. Namun mayoritas orang menggunakan CorelDraw dibandingkan dengan Adobe Ilustrator. Salah satu hal yang menyebabkan hal ini adalah....
A. kesulitan dalam mencari master Adobe Ilustrator
B. menu dan tool pada CorelDraw mudah dipahami dari pada Adobe Ilustrator
C. adobe ilustrator bersifat closed source sehingga kurang diminati
D. orang sudah terlanjur paham menggunakan CorelDraw
E. Mempresentasikan gambarnya tidak menggunakan pixel
38. Berikut yang bukan termasuk keuntungan dalam menggunakan gambar vektor dalam sebuah desain yaitu ...
A. gambar vektor bisa diukur
B. mudah dibuat
C. tidak ada distorsi gambar
D. mudah diedit
E. cocok untuk web desain
39. Penggunaan gambar vektor sangatlah beragam. Sebagai contoh digunakan dalam pembuatan logo. Logo membutuhkan bentuk vektor bukan bitmap atau yang lainnya. Berikut ini yang tidak termasuk alasannya yaitu ...
A. format vektor tidak mengalami gambar buram
B. format vektor tidak pecah saat diperbesar
C. format vektor mudah diedit kembali
D. ukuran file relatif kecil
E. mengikuti perkembangan teknologi
40. Menggabungkan gambar dan teks terdapat beberapa teknik yang perlu diperhatikan. Berikut yang bukan merupakan teknik menggabungkan gambar dan teks yaitu ...
A. memperhatikan kontras warna antara teks dan gambar
B. blur gambar background
C. memperhatikan satu warna dalam gambar yang digunakan
D. memilih gambar yang menyediakan ruang teks
E. berusaha menarik minat pembaca dengan memilih gambar dan teks yang tepat
41. Gambar vektor dibuat pada beberapa aplikasi seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Page Maker dan lainnya. Meskipun CorelDraw sebagai aplikasi yang banyak digunakan dan populer dalam membuat gambar vektor, namun aplikasi tersebut tetap memiliki kekurangan yaitu....
A. keterbatasan warna yang dapat digunakan
B. membutuhkan memori yang besar untuk menyimpan
C. tampilan user interface CorelDraw susah dipahami
D. fitur yang terdapat di CorelDraw tidak lengkap
E. untuk file besar membuat loading aplikasi lebih lambat
42. Gambar vektor banyak digunakan dalam desain. Hal ini dikarenakan gambar tidak mengalami distorsi ketika diperbesar dan diperkecil, sehingga kualitas gambar vektor yaitu....
A. kualitas gambar bergantung pada jenis gambar yang dibuat
B. kulaitas gambar tergantung pada warna yang digunakan
C. kualitas gambar berubah seiring dengan pembesaran gambar
D. kualitas stabil tanpa kehilangan detail dan ketajaman
E. kenggunaan warna yang cerah, kualitas gambar semakin baik.
43. Dalam CorelDraw, terdapat beberapa efek yang diberikan pada gambar vektor. Berikut ini yang bukan merupakan efek gambar vektor yaitu.....
A. shadow
B. croping
C. contour
D. blend
E. distort
44. Karakteristik efek blend yaitu menggandakan objek dalam jumlah tertentu. Kita dapat menentukan berapa jumlah duplikat sesuai dengan kebutuhan dan bentuk benda dengan menggunakan tool ...
A. blends objek dengan jumlah default sebanyak 20
B. direct objek dengan jumlah default sebanyak 20
C. loop objek dengan jumlah default sebanyak 20
D. blands objek dengan jumlah default sebanyak 30
E. blands direction dengan jumlah default sebanyak 20
45. CorelDraw merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat gambar vektor. Gambar vektor yang dibuat harus dieberikan efek agar membentuk gambar yang sesuai keinginan. Misalnya pembuatan gambar vektor berbentuk bunga, harus diberikan efek ...
A. mellipse tool dan diberikan efek extrude
B. menggunakan ellipse tool dan diberikan efek distort
C. menggunakan rectangle tool dan diberikan efek distort
D. menggunakan ellipse tool dan diberikan efek blend
E. menggunakan polygon tool dan diberikan efek distort
46. Gambar atau obyek yang terkena cahaya menyebabkan adanya efek bayangan pada gambar tersebut. Pada saat menggambarkan efek bayangan pada gambar harus memperhatikan...
A. bentuk gambar yang dibuat
B. ukuran gambar yang dibuat
C. posisi gambar dan dimana pencahayaan gambar tersebut
D. kecondongan gambar tersebut
E. jumlahnya gambar
47. Grafis dibagi menjadi dua yaitu vektor dan bitmap dimana keduanya sama-sama berupa gambar digital. Tetapi keduanya mempunyai komponen yang berbeda dab berpengaruh pada pembuatan, tampilan dan penerapan. Tampilan gambar bitmap menunjukkan gradasi warna dan bayangan dimana penerapannya benyak ditemukan pada...
A. brosur yang menawarkan suatu produk
B. foto dan lukisan digital yang terdapat perpaduan warna yang rumit
C. banner yang banyak ditemukan di pinggir jalan
D. cover buku
E. kemasan berbagai produk
48. Untuk menjadi gambar bitmap, gambar yang dibuat pada CorelDraw harus dokonversikan terlebih dahulu. Dalam mengkonversikan gambar semua obyek pada gambar harus di grup terlebih dahulu. Karena jika tidak digrup, gambar akan....
A. membentuk gambar bitmap dengan resolusi kecil
B. tidak dapat dikonversikan menjadi gambar bitmap
C. resolusi gambar yang dihasilkan lebih kecil
D. bergesar dari gambar yang seharusnya
E. tidak menyatu antara objek satu dengan yang lainnya
49. Efek blur menjadikan obyek utama foto nampak lebih fokus. Foto yang menggunakan efek radial blur, maka hasilnya berupa ...
A. gambar terlihat kabur dengan bentuk persegi
B. gambar terlihat kabur dengan beberapa pengaturan
C. semua bagian foto nampak kabur
D. foto terlihat kabur dengan tingkat kabur yang tipis
E. foto terlihat kabur dengan arah melingkar atau radial
50. Gambar bitmap sering disebut gambar raster, karena gambar ini terbentuk dari titik- titik yang tersimpan di memori komputer. Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan dengan resolusi. Resolusi dalam gambar bitmap menunjukkan....
A. gradasi warna yang terdapat pada gambar bitmap
B. jumlah pixel yang menyusun gambar bitmap
C. ketajaman gambar yang ditampilkan dan ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom
D. format atau ekstensi gambar bitmap yang disimpan
E. ukuran gambar yang disinpan pada komputer
0 komentar: