phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

Desain Grafis - PENGOPERASIAN KAMERA DIGITAL (Bab XII)(kelas X)


BAB XII

PENGOPERASIAN KAMERA DIGITAL

Kompetensi Dasar

3.12Menerapkan pengoperasian kamera digital dan perawatan peralatan fotografi.

4.12 Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi.

A. Pengoperasian Kamera Digital

Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari objek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD atau sensor CMOS yang hasilnya

kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Karena hasilnya disimpan secara digital, maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang dapat membaca media simpan digital tersebut.

1. Mengenal fungsi tombol pada kamera DSLR

Ada banyak sekali tombol-tombol pada kamera DSLR, untuk seorang pemula yang mungkin baru pertama kali memegang kamera DSLR tentunya akan kebingungan dalam penggunaannya.

Setiap Merek kamera DSLR yang berbeda, tentunya mempunyai menu yang berbeda. Dengan memahami menu-menu pada satu merek kamera, maka tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi dengan kamera yang berbeda, karena hanya perbedaan nama dan posisinya, sedangkan fungsinya tetap sama.

Dibawah ini adalah fungsi tombol pada kamera DSLR Nikon.


a. Video start/stop: tombol start record, pause record, dan stop record video.

b. Power switch: tombol untuk menyalakan dan mematikan kamera.

c. Exposure comp: untuk mengatur manual bukaan lensa atau aperture, dengan menekan tombol ini dan memutar command dial.

d. Mode dial: pemilihan mode kamera yang digunakan auto, auto tanpa flash, manual, shutter priority, aperture priority, dll. Pembahasan mode kamera akan dibahas pada artikel selanjutnya.

e. Live view switch: untuk menampilkan langsung frame foto dan video pada

monitor.

f. Command dial: putar untuk mengatur shutter speed pada (pada manual mode), aperture kombinasi menekan tombol aperture + putar (scroll command dial), ISO dan white balance.


g. Focus ring anda bisa mengatur fokus foto yang akan anda jepret dengan memutar ring fokus ini ke kiri atau kanan sembari melihat di viewfinder ataupun lcd apakah fokusnya sudah tepat atau belum. Focus ring ini hanya bisa diputar atau diatur jika menggunakan mode manual fokus (M).


h. Zoom ring: anda bisa mengatur perbesaran atau zooming secara optical pada lensa. Putar untuk melakukan zoom in dan zoom out.

i. Function button: ini merupakan tombol yang fungsinya bisa diatur sendiri pada pengaturan, anda bisa mengatur tombol ini agar sekali tekan bisa mengaktifkan fitur apapun. Bisa dikatakan sebuah shortcut button yang bisa anda sesuaikan sendiri fungsinya lewat pengaturan.

j. Flash button: tombol untuk mengaktifkan fitur flash pada saat pemotretan, tekan untuk memunculkan lampu flash yang akan menyala saat pemotretan

selanjutnya.

k. Lens retract button: tombol ini harus anda tekan ketika ingin melakukan zoom in dari kondisi terkunci, dan zoom out setelah selesai memoto dan ingin mengunci

lensa.

l. Lens release button: tombol untuk melepaskan lensa, tekan tombol ini dan tarik lensa ke atas untuk melepas lensa dan untuk memasang lensa anda juga perlu menekan tombol ini.

m. Drive mode button: tombol untuk memilih mode pemotretan, mau mode

pemotretan sekali, mode burst (foto terus-menerus), dan mode timer.


n. Menu button: tombol untuk membuka menu setting/pengaturan.

0. Diopter adjusment. tombol untuk menfokuskan di viewfinder, ketika anda mengatur ring fokus dan gambar tidak pernah benar-benar terlihat fokus atau bahkan saat menggunakan autofocus tetap di viewfinder masih terlihat tidak fokus ini artinya ada masalah pada settingan diopter anda bisa mengaturnya hingga

fokus benar.

p. Info button: tombol untuk menampilkan informasi tentang foto yang anda jepret.

q. Focus/ Exposure lock: jika anda menggunakan mode auto eksposure dan auto fokus. Anda bisa menekan tombol ini untuk me-lock atau mengunci exsposure dan fokus jadi, meskipun anda berpindah tempat, fokus tidak akan berubah.

r. Image playback button: tombol untuk menampilkan foto/video yang ambil sebelumnya.

sudah anda

s. Ok selector: sebagai tombol ok dalam kamera.

t. Multi selector. tombol penunjuk 4 arah, bisa juga digunakan sebagai pemindah fokus saat mode auto focus pada kamera.

u. Delete button: tombol untuk menghapus hasil gambar atau video pada kamera.

v. Magnify button: untuk melakukan zoom in secara software (tidak optical zooml lens zoom) guna mengecek apakah gambar sudah fokus atau belum.

w. Demagnify button: kebalikan dari magnify yaitu untuk zoom out.

2. Mengoperasikan kamera digital

Melakukan pengambilan gambar dengan kamera digital sebenarnya sangat simple, cukup dengan menyalakan kamera dan tekan shutter speed. Namun hal tersebut adalah hal yang sangat salah, hasil yang diperoleh belum tentu sesuai dengan yang diinginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana mengoperasikan kamera digital dengan baik agar menghasilkan gambar sesuai dengan yang diinginkan :

a. Mengenal karakter kamera

Kenali kamera seperti mengenal diri sendiri, karena kamera merupakan salah satu faktor penentu dalam menghasilkan foto yang bagus.

b. Aktifkan pilihan mode kamera

Putar tombol mode yang diinginkan yang biasanya berada di sisi kanan atas. Setelah itu setting kamera sesuai dengan kebutuhan pemotretan

c. Perhatikan pengaturan kamera

Bagi seorang fotografer pemula, tidak ada salahnya menggunakan mode otomatis, sehingga tanpa pengaturan kamera yang rumit tetap menghasilkan gambar yang baik.

Berbeda apabila kita menginginkan menjadi fotografer profesional, maka belajarlah menggunakan mode manual dan lakukan setting kamera sesuai buku

manual. hal mendasar yang perlu dipelajari adalah shutter speed, diafragma, dan

ISO, serta white balance.

d. Arahkan kamera anda dengan baik dan benar

Hal ini adalah langkah yang sangat penting. Arahkan kamera ke arah objek yang memiliki jumlah cahaya yang cukup.

e. Kenali lokasi pemotretan

Mengetahui lokasi pemotretan merupakan hal yang sangat penting bagi fotografer. Gunakan waktu untuk memelajarinya. Misalnya, kapan momen dan waktu terbaik untuk sebuah cahaya, lensa kamera seperti apa yang cocok untuk digunakan, serta kemungkinan besar untuk menggunakan setiap sudut yang ada di lokasi pemotretan untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan. Dalam memilih lensa, harus memperhitungkan tema pemotretan, karena berdasarkan tema yang dibuat, dapat ditentukan sudut seperti apa yang diinginkan, panjang titik fokus, serta aperture maximum yang kapan saja bisa berubah.

f. Hindari guncangan terhadap kamera

Goyangan atau getaran terhadap kamera merupakan suatu hal yang sangat menggangu untuk setiap fotografer, karena hal ini akan memberikan efek yang kurang bagus kepada hasil foto.

g. Pilih subjek secara kreatif

Subjek yang kreatif tidaklah selalu berarti orang yang selalu melemparkan senyumannya di depan kamera. Subjek adalah sesuatu yang membuat Anda menarik, dan hal itu bisa berarti apa saja, misalnya hewan peliharaan Anda yang tergeletak di tanah, bayi atau anak Anda yang hendak mencoba untuk meraih mainanannya di atas kursi, atau orang-orang yang sedang bermain futsal. Pilihan yang tepat dan bagus akan memberikan dampak yang jelas terhadap kualitas

foto.

h. Pencahayaan

Cahaya adalah salah satu faktor yang memberi efek kehidupan dan ketajaman pada sebuah foto. Itulah sebabnya gunakanlah cahaya dengan sebaik mungkin. Cara memotret yang baik adalah dengan mengerti manfaat cahaya.

B. Perawatan Peralatan Fotografi

Peralatan fotografi membutuhkan perawatan seperti perawatan barang-barang lainnya, apalagi sudah menyangkut barang elektronik seperti kamera digital beserta peralatan pendukungnya. Perawatan yang baik pada suatu barang akan membuat barang tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama.

1. Kamera

a. Merawat bagian luar kamera/casing

merupakan bagian yang biasa dilakukan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan masuknya kotoran ketika akan membersihkan bagian dalamnya. Debu dari luar akan mudah masuk ke dalam, apalagi kalau kita sering berganti-ganti lensa.

1) Bersihkan bagian luar kamera dengan blower terlebih dahulu, untuk beberapa

debu yang masih menempel dapat menggunakan brush.

2) Gunakan lens cloth atau dry cloth yang lembut untuk membersihkan beberapa bagian khusus kamera seperti LCD panel, viewfinder, dan flash hotshoe.

b. Merawat bagian dalam kamera

Bagian dalam kamera merupakan letak sensor kamera. Sebelum membersihkan bagian dalam kamera, pastikan bahwa perawatan ini dilakukan pada ruang yang bersih dengan penerangan yang cukup. Langkah-langkah perawatannya sebagai

berikut.

1) Membersihkan mirror dengan blower atau blower brush. Kamera dipegang menghadap ke bawah dan blower dipompa ke atas, tujuannya agar partikel debu yang tertiup dapat turun ke bawah mengikuti gravitasi.

2) Membersihkan sensor. Untuk dapat melakukannya maka mirror harus di lock up terlebih dahulu. Pada beberapa kamera fitur ini disediakan dengan memilihnya dari menu kamera. Yakinkan baterai dalam kondisi cukup penuh ketika akan melakukan mirror lock up. Dimulai dengan menekan shutter release, maka mirror akan terangkat dan shutter terbuka. Dengan kamera yang dipegang menghadap ke bawah (sensor menghadap ke bawah), pompa blower (blower tanpa brush) beberapa kali untuk meniup partikel debu yang mungkin menempel di sensor. Setelah selesai, matikan kamera untuk menyudahi fungsi mirror lock up.

3) Jika sensor sangat kotor, anda dapat membersihkannya dengan cleaning kits yang memiliki swab sensor khusus. Dengan alat ini, kita membersihkan sensor secara fisik dengan melakukan swab/smear pada kotoran yang menempel di sensor. Tindakan ini harus dilakukan dengan lembut dan hati- hati, jika tidak yakin sebaiknya serahkan kegiatan membersihkan sensor pada mereka yang profesional.

2. Lensa

Lensa merupakan jendela bagi mata untuk melihat dunia luar. Lensa merupakan elemen terpenting untuk dapat menghasilkan gambar yang baik. Beberapa langkah perawatan lensa adalah sebagai berikut.

a. Jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood juga akan melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah munculnya flare pada cahaya frontal menuju lensa.

b. Pasang lens cap ketika lensa sedang tidak digunakan, hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terpapar dan menempelnya debu pada permukaan

lensa.

c. Jika kegiatan membersihkan lensa diperlukan, maka menggunakan peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan. Selalu gunakan lens brush, lens blower, lens paper dan lens cloth baik.

yang

Berikut beberapa langkah membersihkan lensa.

a. Bersihkan bagian depan dan belakang lensa dengan lens blower terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan partikel debu yang menempel. Jangan langsung membersihkan lensa dengan lens cloth atau lens paper sebab partikel debu yang ikut tergosok akan menyebabkan permukaan coating lensa akan tergores. Hal ini dapat berakibat munculnya gangguan permanen pada hasil foto.

b. Beberapa partikel debu yang masih tetap menempel dapat juga dihilangkan

dengan bantuan lens brush.

c. Selanjutnya usap lensa secara lembut dan perlahan dengan lens clothl lens paper kering dengan gerakan memutar dari bagian dalam lensa menuju keluar.

d. Jika dibutuhkan, cairan pembersih lensa/ lens cleaning fluid khusus dapat digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran lensa yang agak membandel. Jangan meneteskannya langsung pada lensa, teteskan pada lens paper terlebih dahulu, lalu usap perlahan pada bagian lensa.

3. Baterai

Baterai berfungsi sebagai sumber daya untuk menghidupkan kamera, perawatan yang baik dapat memperpanjang usia pemakaian baterai kamera. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

a. Jangan membiarkan baterai terpapar suhu ekstrim diatas 43 derajat Celcius. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan permanen pada baterai. Letakkan baterai pada tempat yang sejuk dan kering.

b. Jangan mencharge baterai secara berlebihan, jika charger telah menunjukkan

baterai terisi penuh segera cabut.

c. Charge baterai sebelum atau sesudah penyimpanan dalam jangka waktu lama. Dipakai ataupun tidak dipakai, baterai akan mengalami proses pelemahan, agar tetap awet maka baterai perlu diisi kembali.

d. Lepaskan baterai dari kamera jika tidak sedang menggunakannya dalam jangka

waktu lama.

e. Jangan mencampur penggunaan baterai lama dan baru, termasuk menggunakan

baterai dengan merek yang berbeda-beda.

4. Media penyimpanan

a. Memory card berfungsi sebagai media penyimpan data. Bisa berupa SD/secure digital, CF/compact flash, dan sebagainya. Perlakukan benda-benda ini dengan hati-hati, bentuknya yang kecil membuat mereka mudah sekali rusak. Untuk melindunginya, simpan selalu pada casing nya masing-masing jika sedang tidak digunakan

b. Accesories kamera seperti lens filter, lens hood, flash dan lainnya perlu dirawat untuk tetap menjaga kebersihannya. Dudukan flash dan kontak baterai flash perlu dibersihkan secara berkala untuk menghindari penumpukkan kotoran.

5. Tas kamera

Tas kamera merupakan media penyimpanan peralatan fotografi sewaktu berpergian.

Tas yang kotor mengakibatkan peralatan di dalamnya menjadi kotor.

Berikut beberapa langkah perawatannya:

a. Setelah tas digunakan, keluarkan isinya lalu bersihkan bagian dalam dan luar. Agar hasilnya maksimal dapat menggunakan vacum cleaner. Setelah pemotretan outdoor, partikel debu, kotoran, dan pasir biasanya banyak terakumulasi sehingga perlu dibersihkan.

b. Cuci tas kamera dalam jangka waktu berkala, terutama setelah tidak digunakan

untuk jangka waktu yang cukup lama.

Penilaian Mandiri

Kerjakan soal berikut dengan jelas dan tepat!

1. Jelaskan fungsi tombol pada kamera DSLR Nikon!

2. Jelaskan langkah-langkah untuk mengoperasikan kamera digital dengan baik agar menghasilkan gambar sesuai dengan yang diinginkan!

3. Jelaskan konsep cara kerja kamera digital!

4. Jelaskan cara merawat bagian luar kamera/casing!

5. Jelaskan cara merawat baterai kamera secara benar!

Penilaian kelompok

1. Buatlah kelompok masing-masing 4 orang!

Ketua Kelompok

Anggota Kelompok : ……………

a.……………

b.……………

c.……………

2. Bekerjalah berkelompok menyusun perencanaan untuk membuat laporan tentang

pengoperasian kamera digital. Rencana yang disusun meliputi:

a. Nama objek : ……………

b. Nama kamera : ……………

c. Pengaturan mode : ……………

3. Potretlah objek dengan pengaturan mode kamera yang bervariasi seperti pada perencanaan di atas! Pindahkan foto tersebut ke dalam PC Anda, kemudian masukkan ke dalam tabel pengamatan di bawah ini:


4. Tuliskan kesulitan yang Anda temui selama proses pengerjaan!

b. Presentasikan hasil kelompok Anda di depan kelas!

5. Buatlah laporan kelompok Anda, dengan susunan sebagai berikut!

a. Halaman Judul dan identitas

b. Bab I. Pendahuluan

c. Bab II. Hasil Fotografi

d. Bab III. Penutup

e. Laporan dijilid menggunakan kertas mika warna biru dan kumpulkan kepada guru

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E!

1. Peralatan multimedia pada umumnya sangat sensitif terhadap kondisi berikut, kecuali

A. kondisi lembab

B. kondisi basah

C. kondisi panas

D. kondisi kering

E. guncangan/benturan

2. Di bawah ini adalah contoh peralatan multimedia, kecuali...

A. televisi

B. computer

C. handycam

D. kamera digital

E. baliho

3. Peralatan yang sering digunakan untuk perawatan peralatan multimedia antara lain

A. drei dan kain kering

B. tang dan drei

C. CD cleaner

D. tissue dan vacum cleaner

E. disk cleaner

4. Cara sederhana untuk membersihkan kotoran dan debu dapat menggunakan

peralatan dan bahan...

A. koran dan tissue

B. kain kering dan tissue

C. vacum cleaner dan CD cleaner

D. cleaner dan disk cleaner

E. cleaner dan koran

5. Bagian yang paling sensitif dari sebuah kamera adalah...

A. lensa

B. box

C. hand grip

D. focus ring

E. zoom ring

6. Untuk membersihkan kamera dari debu dan sarang serangga sebaiknya menggunakan

A. kain kering

B. tissue

C. kuas

D. CD cleaner

E. disk cleaner

7. Jangan terlampau sering mencuci lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Kaca lensa begitu peka. Makin sering dibersihkan, dapat mengakibatkan...

A. mutu gambar akan lebih tajam

B. mutu gambar akan kelihatan kabur

C. mutu gambar akan menurun

D. mutu gambar akan nampak cerah

E. mutu gambar akan berembun

8. Mengelap layar jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu usap layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar karena ...

A. bisa menyebabkan permukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang.

B. bisa menyebabkan permukaan kecerahan pada LCD

C. bisa menyebabkan permukaan LCD tergores

D. bisa menyebabkan permukaan LCD lebih terang

E. bisa menyebabkan permukaan LCD tidak terang lagi

9. Mengapa peralatan elektronik dianjurkan tidak terkena air laut..

A. menyebabkan flex

B. menimbulkan korosi

C. menyebabkan terkena virus

D. menimbulkan lensa tergores

E. dapat merusak komponen yang terbuat dari plastik

10. Jangan meninggalkan baterai di dalam camcorder saat tidak digunakan karena

A. energi di dalam baterai akan berkurang

B. energi di dalam baterai akan bertambah

C. energi di dalam baterai akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga dapat habis

D. energi di dalam baterai akan bertambah secara otomatis

E. energi di dalam baterai akan hilang seketika

11. Cara merawat layar monitor laptop agar tetap awet adalah dengan ...

A. membersihkan debu yang menempel dengan tisu

B. menggunakan kain basah bila ada kotoran bandel yang lengket

C. melapisinya dengan pelindung anti radiasi

D. membersihkan dengan cairan sabun

E. a, b dan c benar

12. Merawat camera video dapat dilakukan dengan cara ...

A. jangan tinggalkan kaset di dalam camcorder anda saat tidak digunakan

B. jangan memasukkan kaset video dalam kondisi benar-benar dingin

C. jangan meninggalkan baterai di dalam camcorder di dalam mobil yang terkena

udara panas

D. jangan meninggalkan kaset camcorder di dalam mobil yang terkena udara

E. jawaba a, b, c dan d benar

13. Penyebab ponsel yang paling rawan mengalami kerusakan berat adalah karena,

kecuali ...

A. terlalu lama menggunakannya untuk menelpon

B. terendam air

C. memasang charger terlalu lama

D. jatuh dari lantai atas

E. masuknya virus ke dalam memori

14. Lensa kamera merupakan salah satu bagian penting yang harus mendapat perawatan maksimal, karena jika lensa kamera sudah buram, akan mengakibatkan:

A. nilai jual kamera menjadi turun

B. penampilan kamera jadi berkurang

C. hasil pemotretan menjadi kurang bersih

D. kamera tidak bisa lagi berfungsi

E. tidak terjadi penggambaran

15. Cahaya masuk ke kamera melalui ...

A. zoom tool

B. blitz

C. pixel

D. lensa

E. diafragma

16. Pada kamera analaog, cahaya digunakan untuk ...

A. memformat film

B. blitz

C. membakar film.

D. merebus film

E. menggoreng film

17. Pada kamera digital, cahaya yang diterima oleh sensor diubah menjadi .......

A. open edited

B. data digital

C. template roughen brush

D. data analog

E. data transfer

18. Pada kamera digital, data foto disimpan pada ...

A. memory digital

B. pita digital

C. klise

D. hardisk

E. RAM

19. Contoh camera pocket adalah ...

A. DSLR

B. SLR

C. handycam

D. kamera digital

E. handphone

20. Fungsi zoom pada kamera adalah...

A. menajamkan gambar

B. melihat panorama

C. mendekatkan atau menjauhkan object

D. efek cahaya

E. distorsi object

Soal Variasi

Kerjakan soal-soal di bawah ini sesuai petunjuk berikut!

• Berilah jawaban Benar (B) jika pernyataan soal adalah benar.

• Berilah jawaban Salah (S) jika pernyataan soal adalah salah.

• Setiap jawaban Benar atau Salah berilah alasannya.

1. Peripheral perekam gambar adalah MP3 Player

Jawaban: ...

Alasan: …

2. Untuk mendapatkan foto seperti di bawah ini memerlukan pengaturan shutter speed cepat.


Jawaban: ...

Alasan:...

3. Pada kamera handycam, tombol yang digunakan untuk mengontrol zooming adalah WT

Jawaban: …

Alasan:...

4. Primary memory memiliki sifat informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan

sering disebut dengan istilah volatile.

Jawaban: ...

Alasan:...

5. Untuk mendapatkan foto seperti di bawah ini memerlukan pengaturan shutter speed lambat.


Jawaban:...

Alasan:...

6. Kecepatan mencetak pada sebuah printer menggunakan satuan dpi.

Jawaban:...

Alasan: ...

7. Sensor yang berada di belakang lensa setelah menerima cahaya akan menririmkan data mentah digital ke prosesor kamera untuk mengolah data mentah digital menjadi data gambar yang lebih baik.

Jawaban: ...

Alasan:...

8. Ketajaman detail, kontras, dan kualitas sebuah foto dipengaruhi oleh kualitas bodi

kamera.

Jawaban: ...

Alasan:...

9. Membersihkan lensa kamera dari kotoran debu sebaiknya menggunakan kain halus.

Jawaban: ...

Alasan: ….

10. Waterproof bag digunakan untuk menyimpan kamera dari pengaruh garam.

Jawaban: ...

Alasan:...

0 komentar: