Desain Grafis - DESAIN BERBASIS BITMAP DAN VEKTOR (Bab 9)(kelas X)
BAB IX
DESAIN BERBASIS BITMAP DAN VEKTOR
Kompetensi Dasar
3.9 Mengevaluasi desain berbasis Bitmap dan Vektor
4.9 Membuat review desain berbasis Bitmap dan Vektor
A. Evaluasi Desain Berbasis Vektor
1. Kelebihan dan Kekurangan Gambar Vektor
a. Kelebihan Gambar Vektor
1) Ketika dibandingkan dengan gambar bitmap, ukuran file dari gambar vektor adalah lebih kecil.
2) Gambar vektor, objek dapat berubah dalam ukuran dan bentuk tanpa menurunkan kualitas tampilannya.
3) Dapat dicetak pada resolusi tertinggi pada printer.
4) Menggambar dan bentuk mengedit vektor relatif mudah dan menyenangkan.
5) Gambar vektor dapat dikonversi ke tampilan tiga dimensi. Proses ini bisa diaplikasikan dengan memakai software untuk mendesain 3D.
6) Gambar vektor merupakan gambar yang paling cocok digunakan untuk mendesain logo, baliho, papan reklame, gambar kartun, banner dan berbagai media komunikasi grafis lainnya.
b. Kekurangan Gambar Vektor
1) Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor utama ketika mengkonversi objek gambar format bitmap.
2) Warna yang dimiliki pada gambar vektor akan sedikit berbeda dengan warna benda atau objek aslinya. Artinya gambar vektor memiliki warna yang tidak natural dan juga tidak realistis.
3) Efek khusus pada gambar vektor sulit untuk direalisasikan meskipun tetap bisa dikerjakan, karena memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan pengolahan gambar bitmap.
4) Efek khusus pada gambar vektor sulit untuk direalisasikan walaupun tetap bisa dikerjakan apa yang namun memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan pengolahan gambar bitmap.
2. Membuat sticker dengan CorelDraw.
a. Jalankan program Coreldraw, buatlah sebuah file baru, pilih menu File > New.
b. Aktifkan polygon tool, pada property bar, isikan Number of point 30 sambil menahan Ctrl, klik dan drag diatas kanvas.
c. Aktifkan Shape tool lalu tarik salah satu node ke arah dalam sehingga membentuk lingkaran bergerigi.
d. Berikan warna orange pada objek dan nonaktifkan garis luar, caranya klik kiri warna orange dan klik kanan tanda silang yang berada paling atas pada pallete warna.
e. Menambahkan keterangan teks pada sticker dengan jenis font Arial,lihat gambar
berikut.
f. Tekan Ctrl+A untuk menyeleksi semua objek, pilih menu Bitmaps > Convert to bitmaps, pada jendela yang muncul beri centang pada Transparent Background lalu klik Ok.
g. Berikutnya membuat efek lipatan. Caranya, pilih menu Bitmaps > 3D Effects > Page Curl, lakukan pengaturan seperti pada gambar!
h. Export Image.
Pilih menu File > Export (Ctrl+E), pilih folder tempat Anda menyimpan. Pada File name isikan: sticker, lalu save as type PSD Adobe Photoshop, lalu klik Export.
3. Membuat Barcode
a. Untuk membuatnya gunakan CorelDraw. Jalankan program CorelDraw pilih menu File > New, setelah lembar kerja tersedia, pilih menu Edit > Insert Barcode.
b. Pada jendela Barcode wizard, masukkan angka pada kotak Enter up to 30 numeric digits, lalu klik Next.
c. Di jendela berikutnya klik saja Next.
d. Pada jendela selanjutnya pilih jenis font Times New Roman size: 18 Alignment.center lalu klik finish.
e. Setelah barcode selesai dibuat, Export ke format Jpg - Jpeg.
B. Evaluasi Desain Berbasis Bitmap
1. Kelebihan dan Kekurangan Gambar Bitmap
a. Kelebihan Gambar Bitmap
1) Gambar bitmap merupakan gambar yang terlihat sangat nyata, karena komposisi dari warna yang digunakan sangatlah mirip dengan objek atau benda aslinya.
2) Gambar bitmap tentunya salah satu jenis gambar yang sangat cocok apabila diterapkan pada background wallpaper di komputer. Hal tersebut dikarenakan file gambar bitmap secara otomatis bisa langsung diterjemahkan pada layar monitor.
3) Memiliki kemudahan di dalam pemberian efek-efek khusus dengan
menggunakan software aplikasi khusus pula.
4) Gambar bitmap banyak dimanfaatkan oleh para editor foto
yang berada di studio foto karena memiliki kompatibilitas yang cukup tinggi pada proses editing gambar. Kedalaman warna yang cukup baik, yaitu sampai dengan 32 bit.
5) Mampu menangkap nuansa alami dan bentuk.
6) Gambar bitmap membuat gambar lebih tajam.
b. Kelemahan Gambar Bitmap:
1) Pada saat gambar bitmap diubah ukurannya, maka secara otomatis kualitas dari gambar tersebut akan mengalami pengurangan. Pada proses tersebut, pixel-pixel gambar akan lebih jelas terlihat, sehingga nantinya akan berakibat gambar terkesan pecah.
2) Gambar bitmap memiliki ukuran file yang jauh lebih besar dibandingkan dengan gambar vektor sehingga tentu akan lebih membuat komputer bekerja dengan berat. Ukuran file dari gambar bitmap sangat dipengaruhi oleh banyaknya titik titik atau pixel pembentuk gambar.
3) Pada saat gambar bitmap diubah ukurannya apa baik diperkecil ataupun diperbesar, maka secara otomatis pula gambar tersebut akan berubah kualitasnya.
4) Ukuran dari gambar bitmap cepat besar maka apabila gambar tersebut digunakan sebagai wallpaper desktop pada komputer akan membuat performa komputer semakin menurun.
2. Membuat Cover Buku
Di bawah ini disajikan sebuah cover buku yang dikerjakan di aplikasi photoshop.
Pada cover buku tersebut ada stiker dan barcode. Keduanya telah kita buat pada materi sebelumnya dan akan kita masukkan dalam cover buku tersebut. Untuk membuat cover buku seperti di atas dikerjakan di perangkat lunak Adobe Photoshop dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Buat dokumen baru 29 x 21cm.
b. Tekan D pada keyboard untuk merubah warna depan menjadi hitam lalu tekan Alt+Del, maka kanvas akan terisi dengan warna hitam.
c. Membagi kover menjadi tiga bagian. Pilih menu View > New guide, pada jendela yang muncul isikan Orientation: Vertical Position: 14cm.
d. Ulangi langkah di atas namun pada jendela yang muncul isikan Position: 15cm.
e. Aktifkan Rectangular Marquee Tool, lalu buat seleksi persegi pada bagian kanvas, ini akan menjadi bagian depan cover.
f. Buka gambar Women (atau gambar lain yang Anda punya), tekan Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh bidang gambar, lalu pilih menu Edit > Copy.
g. Kembali ke lembar kerja, pilih menu Edit> Paste into, pastikan gambar memenuhi bidang seleksi.
h. Duplikat gambar dengan menekan Ctrl+J, lalu aktifkan layer 1 dan tekan Shift+Ctrl+U untuk membuat gambar menjadi hitam putih, sembunyikan layer yang berada di atasnya dengan mengklik ikon mata.
i. Aktifkan Gradient tool, pada property bar pilih type gradient Linear foreground to transparent lalu buat gradasi pada layer mask caranya klik dan drag dari bawah ke atas.
j. Dengan Rectangle Tool, buat persegi di bawah kanvas dengan warna #f7e909 lalu turunkan opacity layer menjadi 57%.
k. Membuat objek. Aktifkan rounded rectangle tool, pada baris pilihan isikan nilai radius: 100 px, lalu klik dan drag di atas kanvas.
l. Selanjutnya tekan Ctrl+Alt+T dilanjutkan dengan menekan anak panah ke arah kanan pada keyboard.
m. Tekan Enter lalu tekan Shift+Ctrl+Alt+T maka secara otomatis objek akan terduplikat, sekarang kita mempunyai 3 buah objek.
n. Tekan Ctrl+J lalu tekan anak panah ke arah atas pada keyboard.
0. Ulangi langkah di atas sehingga kita mempunyai 9 buah objek seperti gambar berikut.
P. Seleksi semua layer objek yang tadi kita buat lalu tekan Ctrl+E untuk menggabungkannya.
q. Tekan Ctrl+T lalu miringkan objek seperti pada gambar berikut.
r. Klik ganda pada layer lalu pilih Drop Shadow, lakukan pengaturan seperti gambar berikut.
s. Tampilkan kembali layer 1 copy yang sebelumnya kita sembunyikan lalu tekan Ctrl+Alt+G untuk membuat layer clipping mask, maka gambar women berwarna akan masuk ke dalam objek.
t. Memberi judul buku.
Tambahkan teks sebagai judul buku, aktifkan Horizontal type tool tuliskan teks dengan variasi warna yang berbeda,disini saya menggunakan warna merah dan biru dengan jenis font Times New Roman.
u. Pertegas judul buku dengan memberi garis luar, klik ganda pada layer lalu pilih Stroke. Lakukan pengaturan seperti pada gambar.
v. Memberi teks nama penulis dan teks lainnya.
W. Buka gambar Sticker yang sebelumnya kita buat, lalu drag ke dalam kanvas atur ukuran dan letak seperti pada gambar.
x. Selanjutnya kita membuat teks (dengan layer terpisah) judul dan nama penulis, beri variasi warna merah, biru dan putih dengan jenis font Times New Roman, besar teks juga dibedakan antara judul dan nama penulis,lihat gambar berikut.
y. Karena kita menulis teks pada layer terpisah, seleksi kedua layer teks tekan Ctrl+E untuk menggabungkannya lalu tekan Ctrl+T klik kanan pilih Rotate 90 derajat CW, atur posisinya seperti pada gambar berikut.
z. Untuk sementara sembunyikan semua layer kecuali layer teks judul buku,buat seleksi persegi lalu tekan Shift+Ctrl+C dilanjutkan dengan menekan Ctrl+V, tampilkan kembali semua layer yang sebelumnya kita sembunyikan, dengan Move tool pindahkan teks copy ke belakang cover buku, lalu atur ukuran dan letak teks seperti pada gambar.
aa. Membuat sinopsis buku.
Aktifkan Horizontal type tool, tuliskan teks sebagai sinopsis dari isi buku, gunakan font Times New Roman 14pt.
ab. Alamat penerbit. Biasanya di kiri bawah buku terdapat alamat penerbit.
ac. Buka gambar barcode jpg yang sebelumnya dibuat lalu drag ke dalam kanvas atur ukuran dan letak seperti pada gambar.
ad. Berikut ini hasil akhir yang kita peroleh.
Desain grafis merupakan suatu karya seni visualisasi seseorang ke dalam media, baik kertas atau elektronik. Dari semua desain yang kita lihat tentu mempunyai aturan, namun terkadang desainer, baik pemula atau profesional, melanggar aturan tersebut. Maka di sinilah kita harus pandai memberikan kritik pada desain grafis baik dalam segi warna, komposisi, atau tata letak. Kriteria penilaian desain vektor dan bitmap:
1. Keserasian Warna
Warna adalah elemen desain yang paling penting. Warna sering sekali dikaitkan dengan kepribadian maupun selera seorang desainer. Warna sangat penting hubungannya dalam konten.
2. Ruang Atau Space
Ruang atau space merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi efek estetika desain. Dalam pengertian desain grafis area yang kosong yang berada di antara elemen- elemen visual juga dianggap sebagai elemen desain. Bidang kosong dimaksudkan untuk menambah kesan nyaman dan "istirahat" serta memberikan kesan tekanan kepada objek visual yang ada dalam sebuah desain.
3. Tata Letak Atau Layout
Layout merupakan usaha untuk menyusun, menata, atau memadukan elemen-elemen atau unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel, dll) menjadikan komunikasi visual yang komunikatif, estetik, dan menarik.
4. Penekanan
Penekanan atau dominasi dalam karya desain grafis akan menimbulkan sesuatu hal yang menjadi pusat perhatian, menghilangkan kebosanan, dan sebagainya. Hal seperti ini harus ada dalam sebuah karya desain grafis. Penekanan bisa dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
Setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain. Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan tersalur.
5. Kesesuaian Tema
Konten atau isi sebuah desain grafis haruslah sesuai dengan judul atau tema yang diambil.
6. Komunikatif
Semua komponen di atas akan dibahas satu persatu, tetapi ingat, tidak harus semua dipakai. Ada beberapa yang harus dipakai atau ditonjolkan, atau bahkan digunakan sedikit saja. Seperti tata letak dan irama, di satu sisi kita akan menggunakan layout tertentu tetapi tidak cocok dengan irama desain yang kita gunakan. Tetapi ada yang harus selalu dipakai yaitu keserasian warna, kesesuaian tema, penekanan, dan komunikatif, hal-hal tersebut adalah harga mutlak.
Penilaian Mandiri
Kerjakan soal berikut dengan jelas dan tepat!
1. Jelaskan kelebihan gambar vektor!
2. Jelaskan kelemahan gambar bitmap!
3. Gambar bitmap saat dilakukan kompresi kualitasnya akan menurun. Jelaskan apa penyebabnya!
4. Apa saja kegunaan gambar bitmap dalam kehidupan sehari-hari?
5. Sebutkan karakteristik penilaian desain!
Penilaian Kelompok
Setelah siswa mempelajari materi bab 9, di bawah ini ada tugas kelompok untuk dikerjakan!
1. Buatlah kelompok masing-masing 4 orang!
2. Melalui diskusi dalam kelompok, jawablah pertanyaan berikut!
a. Unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam sebuah media komunikasi grafis?
b. Agar media komunikasi grafis menarik dan isi pesan dalam media tersebut dapat tersampaikan, serta tidak lepas dari prinsip-prinsip desain grafis, apa saja prinsip- prinsip yang harus ada dalam sebuah desain grafis?
3. Melalui diskusi dalam kelompok, carilah media komunikasi grafis cetak yang ada di
sekitar Anda!
a. Sebutkan unsur-unsur grafis apa saja yang ada pada media tersebut!
b. Sebutkan prinsip desain apa saja yang digunakan pada media tersebut!
4. Evaluasilah media komunikasi grafis tersebut dengan cara menjelaskan kelebihan dan
kekurangannya!
5. Berdasarkan hasil evaluasi di atas, berilah identifikasi masalah yang ada pada media komunikasi grafis tersebut!
6. Tentukan sebuah desain media komunikasi grafis baru berdasarkan hasil evaluasi dan identifikasi masalah di atas sehingga media yang Anda tentukan di atas akan lebih menarik dan isi pesan mudah tersampaikan oleh konsumen!
7. Setelah menentukan media komunikasi grafis yang baru, sekarang rancanglah desain media komunikasi grafis di kertas HVS A4!
8. Dengan menggunakan perangkat lunak yang Anda kuasai, buatlah desain komunikasi grafis sesuai dengan rancangan yang Anda buat!
9. Setelah Anda selesai dalam membuat media tersebut, lakukalah hal-hal berikut.
a. Tuliskan unsur-unsur apa saja yang ada dalam media komunikasi grafis yang Anda buat!
b. Tuliskan prinsip-prinsip apa saja yang digunakan dalam media komunikasi grafis yang Anda buat!
c. Tuliskan hasil evaluasi Anda dengan cara membandingkan media komunikasi grafis yang lama dengan yang baru Anda buat!
10. Cetaklah media komunikasi grafis yang telah Anda buat desainnya sesuai rancangan!
11. Setelah semua langkah Anda kerjakan dan media komunikasi grafis Anda selesai, apakah perlu diredesain atau ada perubahan lagi pada media tersebut? Jika ya, maka silakan buat desain ulang lagi, tetapi jika tidak, buatlah laporan kerja Anda!
12. Ketentuan Laporan Project Media Komunikasi Grafis.
Diketik pada kertas A4 dengan ukuran huruf Time New Roman 12, 11⁄2 spasi, margin left dan top 4 cm, right dan bottom 3 cm, dengan format sebagai berikut.
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
A. Tujuan
B. Dasar Teori
C. Alat dan Bahan
D. Langkah Kerja
E. Hasil
F Analisis Hasil dan Pembahasan
G. Kalkulasi waktu dan Biaya
H. Kesimpulan dan Saran
DAFTAR PUSTAKA
Uji Kompetensi
1. Sebuah gambar jika diperbesar akan tetap terlihat solid, tidak kabur, dan pecah, merupakan ciri-ciri image yang bertipe ...
A. vektor
B. bitmap
C. RGB
D. CMYK
E. grayscale
2. Desain grafis mengenal dua macam tipe image, yaitu bitmap dan vektor. Yang dimaksud tipe vektor adalah ...
A. image yang terbentuk dari kurva yang diwarnai
B. image yang terbentuk dari titik-titik warna/pixel
C. image yang terbentuk dari dua macam warna dasar hitam dan putih
D. image yang terbentuk dari gambar yang diolah
E. image yang terbentuk dari gambar yang sudah jadi
3. Sebuah gambar jika diperbesar akan kelihatan pecah-pecah dan kabur, merupakan ciri-ciri image yang bertipe ...
A. vektor
B. bitmap
C. RGB
D. CMYK
E. grayscale
4. Berikut ini yang bukan termasuk program aplikasi grafis berbasis bitmap adalah
A. Microsoft Word
B. Corel Photo-Paint
C. Macromedia Firework
D. Microsoft Photo Editor
E. Adobe Photoshop
5. Sebuah foto yang dihasilkan dari kamera HP merupakan contoh image bertipe ...
A. vektor
B. bitmap
C. RGB
D. lab color
E. Grayscale
6. Gambar di bawah ini merupakan tampilan pada photoshop saat kita akan ...
A. membuka dokumen yang telah bibuat
B. menutup dokumen pada lembar kerja
C. membuat dokumen baru
D. mengimport dokumen
E. menyimpan dokumen
7. Yang dimaksud dengan resolusi adalah ...
A. jumlah warna per inchi
B. jumlah garis per inchi
C. jumlah pixel per inchi
D. kemampuan intensitas per sentimeter
E. jumlah satuan bitmap per sentimeter
8. Produk akihir akan dicetak/print, maka seharusnya menggunakan mode warna..
A. grayscale
B. CMYK
C. RGB
D. multichannel
E. bitmap
9. Untuk keperluan web dan animasi, mode warna yang digunakan adalah .......
A. RGB
B. CMYK
C. indexed
D. multichannel
E. lab
10. Rasterize digunakan untuk mengubah layer dari ...
A. vektor ke bitmap/raster
B. grayscale ke bitmap/raster
C. bitmap/raster ke vektor
D. bitmap/raster ke duotone
E. vektor ke duotone
11. Jika Anda menggunakan terlalu banyak layer pada image yang sedang Anda kerjakan akan terjadi...
A. terbentuk noise pada image
B. image menjadi buram
C. aplikasi menjadi berat karena terbebani ukuran file yang besar
D. kemampuan komputer untuk memproses image bertambah
E. tidak ada pengaruhnya
12. Pasangan sub menu dan fungsinya pada menu layer berikut adalah benar, kecuali ...
A. new - membuat layer baru
B. new fill layer - membuat layer vektor
C. add vector mask - membuat vector masking
D. create clipping mask - membuat layer dengan cara melakukan clipping layer yang aktif berada di atas layer yang aktif
E. arrange - melakukan pengaturan posisi layer
13. Dalam submenu New pada menu layer Anda dapat membuat ...
A. layer menu
B. layer set
C. action set
D. history
E. snapshot
14. Submenu Type digunakan untuk...
A. mengubah parameter content yang dibuat dengan perintah New Adjustment Layer
B. mengubah image vektor menjadi raster
C. membuat penyesuaian pada layer huruf
D. membuat slice baru pada layer aktif
E. membuat vector masking
15. Untuk membuat masking baru pada layer yang sedang aktif digunakan....
A. enable/disable layer masking
B. create clipping mask
C. arrange
D. align linked
E. add layer mask
16. Pusat perhatian utama dalam proses penyuntingan gambar yang menampilkan image beserta layer-layernya yang aktif disebut...
A. tool palette
B. menu bar
C. image
D. status bar
E. canvas
17. Ikon yang digunakan untuk membuat seleksi berbentuk segi empat, ellips, serta baris adalah ...
A. marque
B. cropping
C. stamp
D. dodge
E. canvas
18. Untuk mengambil sample dan meletakannya pada image lain menggunakan Tools ...
A. samp tool
B. marquee
C. shape tool
D. canvas
E. hand
19. Berikut ini yang tidak terdapat pada tools palatte adalah ...
A. dodge tool
B. brush tool
C. clone stamp tool
D. opacity tool
E. paint bucket tool
20. Tool yang dipergunakan untuk membuat efek image gelap seperti dibakar adalah ...
A. dodge
B. multiply
C. overlay
D. burn
E. smudge
Kerjakan soal-soal di bawah ini sesuai petunjuk berikut!
Pilihlah jawaban A jika jawaban (1), (2), (3) benar.
Pilihlah jawaban B jika jawaban (1) dan (3) benar.
Pilihlah jawaban C jika jawaban (2) dan (4) benar.
Pilihlah jawaban D jika jawaban (4) yang benar.
Pilihlah jawaban E jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar.
1. Berikut ini macam-macam unsur-unsur grafis ...
(1) garis
(2) bentuk
(3) tekstur
(4) komposisi
Jawaban: ...
2. Di bawah ini yang merupakan prinsip-prinsip desain grafis adalah ...
(1) gempal
(2) keseimbangan
(3) tekstur
(4) proporsi
Jawaban: ...
3. Perangkat lunak pengolah gambar bitmap...
(1) Adobe Photoshop
(2) CorelDraw
(3) Corel Photo Paint
(4) Adobe Ilustrator
Jawaban:
4. Perangkat lunak pengolah gambar vektor ...
(1) Adobe Photoshop
(2) CorelDraw
(3) Corel Photo Paint
(4) Adobe Ilustrator
Jawaban: ...
5. Memanipulasi gambar mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda, baik itu gambar vektor maupun bitmap. Memanipulasi gambar membutuhkan keahlian dan ketrampilan. Tingkat kesulitan memanipulasi gambar bitmap ditentukan oleh ...
(1) terlalu banyaknya penggunaan efek dalam penambahan dan pengurungan objek yang diinginkan
(2) gambar cenderung statis
(3) dalam kondisi manual tidak bisa difleksibelkan
(4) jenis perangkat lunaknya
Jawab: .
6. Kekurangan gambar vektor antara lain
(1) perubahan ukuran gambar mempengaruhi kualitas gambar
(2) sulit dipindah ke media lain atau ditransfer melalui e-mail
(3) setelah diberi efek dan dicetak pada resolusi rendah akan pecah
(4) kualitas gambar menurun meskipun dilakukan kompresi
Jawab: ...
7. Kegunaan gambar vektor antara lain ...
(1) mendesain halaman
(2) membuat font
(3) membuat gambar ilustrasi
(4) pembuatan logo
Jawaban:
8. Logo dengan format raster biasanya disimpan dalam format ...
(1) PNG
(2) JPEG
(3) GIF
(4) TIFF
Jawab...
9. Berikut ini penyataan tentang gambar bitmap.
(1) TIFF merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang.
(2) GIF merupakan format grafis yang sering digunakan pada desain web.
(3) PNG adalah salah satu format penyimpanan gambar menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian (kualitas) gambar (lossless compression).
(4) Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang
tersimpan di memori komputer.
Jawab: ...
10. Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga pembaca mau melihat dan membaca bagian desain I dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca.
Hal-hal yang bisa dilakukan dalam penekanan antara lain ...
(1) membesarkan ukuran huruf pada judul berita
(2) perulangan ukuran
(3) kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
(4) Perbanyak ruang kosong
Jawab: ....
0 komentar: