phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

TLJ - Cisco Packet Tracer part 15





SIMULASI JARINGAN KOMPUTER
MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER


(The Simulation of Computer Network with Cisco Packet Tracer)


Mufadhol


Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang


Abstract


This time, progress of computer network is rapid. Monitoring of computer network will be a difficult and complicated. Connection of computer network is a fundamental thing in a network. Because when the connection was a error then all application that run a computer network can not be used. Cisco packet tracer can be used for simulation which describes of model and architecture of computer network. By using cisco packet tracer applications, simulation of the network can be utilized as information about the state of connection computers in the network.

Pendahuluan


Dalam suatu perkantoran ataupun perusahaan komunikasi data, pemantauan jaringan biasanya merupakan tugas administrator atau NOC (Network Operation Centre). Monitoring jaringan akan menjadi suatu hal yang sulit dan rumit, apabila administrator atau NOC (Network Operation Centre) tidak mengetahui mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga dapat menyebabkan downtime yang cukup lama dan mengganggu produktivitas kerja. Biasanya NOC (Network Operation Centre) atau administrator baru akan mengecek koneksi jaringan, ketika mendapat laporan dari user. Ketika user melapor bahwa koneksinya terputus, langkah yang diambil umumnya ialah menggunakan command ping pada command prompt.


Perkembangan jaringan komputer saat ini begitu pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut, kebutuhan user akan kualitas jaringan semakin meningkat baik itu LAN ataupun WAN. Kualitas yang dimaksud adalah jaringan komputer yang terbebas dari masalah seperti pengiriman data yang lambat, koneksi yang tidak stabil, dan sebagainya sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi produktivitas kerja. Koneksi jaringan komputer




merupakan suatu hal yang mendasar dalam suatu jaringan, karena bila koneksi itu bermasalah maka semua jenis aplikasi yang dijalankan melalui jaringan komputer tidak dapat digunakan.


Mengingat kebutuhan akan informasi jaringan komputer begitu penting terutama untuk mencari kerusakan jaringan secara cepat, mudah, dan murah, maka untuk mengatasi masalah di atas seorang administrator jaringan memerlukan aplikasi Network Monitoring System untuk simulasi yang dapat mencerminkan arsitektur dari jaringan komputer pada sistem jaringan yang digunakan. Dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer, simulasi data mengenai jaringan dapat dimanfaatkan menjadi informasi tentang keadaan koneksi suatu komputer dalam suatu jaringan, apabila terjadi masalah dalam interkoneksi jaringan.



Metode


Untuk menggunakan aplikasi cisco packet tracer dalam simulasi sistem jaringan komputer harus melalui beberapa tahapan dan juga kebutuhan.

2.1. Hardware dan Software


Perangkat Keras (hardware) yang dibutuhkan dalam pembuatan simulasi Jaringan komputer adalah : Processor 3.0





64 Simulasi Jaringan Komputer Dengan... (Mufadhol)



GHZ, MB LGA 775, RAM 1GB, HDD 320 GB, CD/DVD Multi Layer, Monitor, Keyboard, Mouse. Sedang untuk perangkat lunak (software) yang dibutuhkan untuk simulasi




Jaringan komputer adalah : Microsoft Windows 7 32 bit, cisco packet tracer 5.3, hal ini seperti ditunjukkan Gambar 1.























Gambar 1 Cisco Packet Tracer



2.2. Menentukan Bentuk Jaringan


Untuk menentukan topologi jaringan sesuaikan bentuk jaringan sesuai dengan topologi yang dibutuhkan, dalam simulasi ini memakai topologi tree (pohon). menentukan jenis concentrator (HUB) yang akan digunakan, pilih koneksi dalam jaringan




mengunakan kabel atau menggunakan wireless atau kombinasi dari wireless dan pemakaian kabel. Buat alamat IP address berdasarkan kelas masing-masing jaringan, kelas Ipaddress dapat dilihat pada Tabel 1, dan terahir tentukan router yang digunakan.




Tabel 1 Kelas IP Address




Kelas

Network ID

Host ID

Default Subnet Mask


A

w.

x.y.z

255.0.0.0


B

w.x

y.z

255.255.0.0


C

w.x.y

Z

255.255.255.0






Landasan Teori


Jaringan komputer adalah sebuah


kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain untuk melakukan tugas-tugasnya (Binanto, 2007) . Dua komputer atau lebih, dapat dikatakan saling terkoneksi jika komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar informasi melalui berbagai media transmisi.




Jaringan komputer pada dasarnya adalah penggabungan antara dua teknologi yaitu teknologi komputer dan teknologi komunikasi, dimana penggabungan tersebut menghasilkan sebuah teknologi komunikasi data yang bisa diaplikasikan dalam komputer.


Model jaringan merepresentasikan struktur atau protokol yang umum untuk menyelesaikan komunikasi antar system. Bentuk model jaringan yang menyediakan





JURNAL TRANSFORMATIKA, Volume, No. 2, Januari 2012 : 64-71 65



kerangka kerja (framework) untuk komunikasi jaringan. TCP/IP merupakan gabungan dari dua istilah, yaitu TCP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Penggunaan istilah TCP/IP sering diartikan sebagai protokol komunikasi untuk pengiriman data (data transport). Jadi TCP/IP adalah kumpulan protokol yang dibangun agar semua komputer dengan berbagai ukuran, dari berbagai vendor komputer yang berbeda dan berjalan dengan sistem operasi yang berbeda untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain (Utomo, 2006).




TCP/IP merupakan bahasa Internet. Sebenarnya TCP/IP merupakan dua macam protokol yang berbeda. Tidak seperti yang dianggap kebanyakan orang, istilah TCP/IP mengacu kepada seluruh keluarga protokol yang dirancang untuk mengirim data di dalam jaringan. Tetapi dalam keseharian TCP/IP digabungkan seperti itu, karena TCP/IP bekerja secara erat satu sama lain (Mansfield, 2003). Jika referensi model OSI terdiri dari tujuh lapisan, referensi model TCP/IP hanya terdiri dari empat lapisan, yang dapat dibandingkan dengan model OSI,. Dimana ada kesamaan dan juga perbedaan fungsi-fungsinya. Hal ini ditunjukkan oleh Tabel 2.




Tabel 2 Lapisan Model TCP/IP




Model TCP/IP

Model OSI

Protokol


Process/Application

Applicaton

Telnet, FTP, SMTP, Karberos,



Presentation

DNS, TFTP, SNMP, NFS,



Session

X Windows


Host to Host

Transport

UDP, TCP


Internet

Network

IP, ARP, RARP, ICMP, BootP


Network Access

Data Link

Ethernet, Token Ring, FDDI



Physical






3.1 Concentrator (HUB/Swicth)


HUB atau Concentrator adalah suatu perangkat keras yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa titik (node) dalam jaringan komputer (Mufadhol, 2008), hub yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan. Dilihat dari sisi teknologi transmisi ternyata hub memiliki sedikit kekurangan, hub akan membroadcast semua paket yang akan dikirim ke salah satu IP tujuan. Pada jaringan komputer seringkali kita mendengar kata hub dan switch, bentuk kedua alat ini mirip dan fungsi dasarnya juga sama yaitu untuk transfer data dalam jaringan.


Keterbatasan non switched ethernet, yaitu hanya satu device yang dapat mentransmit data ke suatu segment pada waktu tertentu. Jika lebih dari satu device berusaha mentransmit data pada waktu yang bersamaan maka akan terjadilah collision. Setelah collision





terjadi maka setiap device tadi harus melakukan proses pengiriman data kembali (retransmit). Jika jumlah segment dalam jaringan semakin bertambah makaotomatis kemungkinan akan terjadinya collision akan semakin besar, dan karena akibat collision ini semua device akan melakukan proses retransmit maka otomatis traffic jaringan akan menjadi relatif lebih lambat.


Sebelum ditemukan teknologi switch, suatu jaringan dapat dibagi-bagi ke dalam beberapa segment dengan suatu device yang dinamakan bridge. Bridge memiliki dua buah portethernet. Jika ada traffic ke dalam jaringan maka secara otomatis bridge akan mengamati device -device yang terlibat di dalamnya dari kedua sisi (melihat berdasarkan MAC address-nya). Bridge kemudian akan mampu membuat keputusan untuk mem-forward atau tidak mem-forward setiap paket data menuju ke device tujuan.




66 Simulasi Jaringan Komputer Dengan... (Mufadhol)



3.2 Router


Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 dari open system interconnection. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda


dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.


Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan


kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server.


Router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki





fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.


3.3 Subneting


Subnetmask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID dan menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar (Binanto, 2007). Penggunaan sebuah subnetmask yang disebut juga sebagai sebuah address mask sebagai sebuah nilai 32-bit yang digunakan untuk membedakan network identifier dari host identifier di dalam sebuah alamat IP.


Sebuah subnetmask biasanya diekspresikan di dalam notasi desimal bertitik (dotted decimal notation), seperti halnya alamat IP. Setelah semua bit diset sebagai bagian network identifier dan host identifier, hasil nilai 32-bit tersebut akan dikonversikan ke notasi desimal bertitik. Perlu dicatat, bahwa meskipun direpresentasikan sebagai notasi desimal bertitik, subnetmask bukanlah sebuah alamat IP. Subnetmask default dibuat berdasarkan kelas-kelas alamat IP dan digunakan di dalam jaringan TCP/IP yang tidak dibagi ke dalam beberapa subnet.



Hasil dan Pembahasan


Cisco packet tracer merupakan suatu software untuk membuat simulasi jaringan komputer, dengan menggunakan paket aplikasi ini administrator jaringan dapat mengetahui secara pasti sistem jaringan yang ada. Software aplikasi ini ditunjukkan oleh Gambar 2.






JURNAL TRANSFORMATIKA, Volume 9, No. 2, Januari 2012 : 64-71 67





















Gambar 2 Software Cisco Packet Tracer



4.1 Membuat Topologi Jaringan


Untuk membuat model topologi dari jaringan komputer yang akan digunakan bisa dilakukan dengan memanfaatkan area kerja dari cisco packet tracer, kemudian memilih end device untuk menentukan perangkat yang




ingin dihubungkan, lalu gunakan concentrator sesuai dengan kebutuhan, setelah itu hubungkan setiap perangkat end device ke concentrator dengan menggunakan fasilitas connection . Tahapan ini ditunjukkan oleh Gambar 3.


























Gambar 3 Membuat Topologi Jaringan



4.2 Menentukan Alamat IP Address


IP address merupakan identitas sebuah perangkat dalam Jaringan Komputer. IP address dapat dibuat dengan cara klik ganda pada perangkat yang ingin diberi IP address,




lalu pilih desktop, setelah itu pilih IP configuration , kemudian masukkan nomor IP berdasarkan kelas yang telah ditentukan. Hal ini ditunjukkan oleh Gambar 4.





68 Simulasi Jaringan Komputer Dengan... (Mufadhol)





















Gambar 4 Menentukan Alamat IP Address



4.3 Simulasi Jaringan Komputer


Satu jaringan komputer pada kenyataannya terdiri dari beberapa komputer yang terhubung, sedang satu jaringan komputer akan dihubungkan dengan jaringan komputer yang lain dalam suatu jaringan baik lokal maupun jaringan global. Hal ini bisa dilihat pada simulasi Gambar 5.


Pada gambar simulasi jaringan yang ditunjukkan oleh Gambar 5, terdapat tiga jaringan yang terpisah, dan masing-masing jaringan membentuk jaringan komputer sendiri, agar antara jaringan satu dengan jaringan




yang lain bisa saling berhubungan, maka antar jaringan harus dihubungkan. Jika dalam pemakaian kelas IP address masing-masing jaringan menggunakan kelas yang sama, maka dalam menghubungkan jaringan ini bisa hanya menggunakan peralatan berupa switch, tetapi kalau masing-masing jaringan yang akan dihubungkan menggunakan kelas IP address yang berbeda, maka dalam menghubungkan jaringan ini memerlukan suatu alat yang lebih dimana alat ini bisa mengontrol trafict yang akan dilalui.





















Gambar 5 Simulasi Jaringan


4.4 Setting Router






JURNAL TRANSFORMATIKA, Volume 9, No. 2, Januari 2012 : 64-71

69





Agar terjadi komunikasi data dalam suatu jaringan diperlukan sebuah alat yang bisa untuk mengatur sistem pertukaran data




tersebut dan alat inilah yang disebut dengan router, seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 6.






















Gambar 6 Pemakaian Router



Untuk menggunaka router dalam suatu jaringan, maka router tersebut harus disetting agar masing jaringan yang terhubung pada router dalam membentuk jaringan skala yang lebih besar bisa tercapai. Cara mensetting router klik ganda pada router setelah masuk ke




menu setting pilih perintah config kemudian tentukan posisi port yang digunakan lalu centang pilihan on pada port status. Setelah posisi status alat on masukkan nomor IP address dan juga subnetmask. Hal ini ditunjukkan oleh Gambar 7.



























Gambar 7 Setting Router






70 Simulasi Jaringan Komputer Dengan... (Mufadhol)



Setelah tahapan setting router dilaksanakan maka jaringan komputer yang terhubung dapat melakukan komunikasi data dengan jaringan komputer yang lain. Pada simulasi ini setiap koneksi yang terhubung dan tidak terdapat kesalahan dalam mensetting




jaringan akan diindikasikan dengan adanya titik berwarna hijau, sedang untuk komputer yang bermasalah akan diindikasikan dengan titik berwarna merah. Simulasi ini ditunjukkan oleh Gambar 8.


























Gambar 8 Koneksi Router




Kesimpulan


Kebutuhan informasi jaringan komputer


begitu penting terutama administrator jaringan memerlukan aplikasi Network Monitoring System untuk simulasi yang dapat mencerminkan arsitektur dari jaringan komputer pada sistem jaringan yang digunakan. Dengan menggunakan aplikasi software cisco packet tracer, simulasi data mengenai jaringan dapat dimanfaatkan menjadi informasi tentang keadaan koneksi suatu komputer dalam suatu jaringan, sehingga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan jaringan komputer secara cepat, mudah, dan murah.





0 komentar: