phone: +62852 5254 2414
e-mail: simonmurdani@gmail.com

Pengertian PBX (private branch exchange)






PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.




PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN – public switched telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office). Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Oleh karena itu, telepon dengan sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau modem akses internet.




Awalnya, keuntungan utama dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal; dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular. Layanan awal yang disediakan PBX sistem tidak mencakup hunt groups, call forwading, dan extension dialing (misal: 4632). Barulah pada tahun 1960, PBX disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem Centrex. Centrex juga melayani fitur serupa dengan PBX yang berasal dari pusat jaringan telepon.




PBX dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual ketika ia menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem ini disebut dengan Hybrid systems. ‘Sistem kunci ini dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan menekan nomor eksternal. Namun, sistem PBX memiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran dengan saluran luar (DDCO – direct dial central office), dan diikuti dengan nomor eksternal. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO.




Pengertian PBX
Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan Private Branch Exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaraan telepon dengan pusat didalam suatu perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk.

Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalu trunk.

Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan dikarenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.


FUNGSI:


Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan menggunakan nomer yang dituju.
menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
menjadi sambungan selama menggunakan telepon.
mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai ditelepon
layanan otomatis panggilan.

Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya. Kemampuan umum tersebut meliputi :

Layanan otomatis panggilan
Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
Layanan otomatis nada tunggu
Metering call atau tampilan waktu panggilan
Memblokir panggilan
Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
Panggilan pick-up
Transfer panggilan
Panggilan tunggu
Modifikasi kata sambutan
Panggilan cepat
Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan Telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonfersi)
DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
Follow-me merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
Respon interaktif suara
Layanan musik tunggu
surat suara
Pesan pembuka atau sambutan (misal, selamat datang di layanan cellular operators).

0 komentar: